Kecamatan Abung Kunang Gelar Musrenbang Tahun 2021

Kecamatan Abung Kunang Gelar Musrenbang Tahun 2021
Musrenbang Kecamatan Abung Kunang Lampung Utara Tahun 2021

ABUNG KUNANG  - Kecamatan Abung Kunang kabupaten Lampung Utara, menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan, Kamis 11 Februari 2021 bertempat di aula Kantor Camat setempat.

Musrenbang Kecamatan sangat penting dan strategis dalam rangka mencari masukan guna penyusunan perencanaan pembangunan Tahun Anggaran 2021 untuk mencapai visi, misi serta tujuan dan sasaran program yang ditetapkan dalam RPJMD Kabupaten Lampung Utara.

Kegiatan yang merupakan wadah sekaligus proses perencanaan pembangunan untuk menjaring aspirasi dan kebutuhan masyarakat sesuai potensi dan permasalahan yang dihadapi di masing-masing desa.

Musrenbang Kecamatan itu melibatkan aspirasi masyarakat, usulan program pembangunan agar bermanfaat untuk mengentaskan permasalahan-permasalahan di Desa, karenanya tokoh-tokoh masyarakat, BKM, LPM, PKK, RW, RT, Kader bisa merencanakan kebutuhan masyarakat menurut skala prioritas yang dibutuhkan dengan baik yang disingkronisasikan dengan program Pemerintah Daerah, Tidak semua hasil Musrenbang selalu terpenuhi karena keterbatasan anggaran dan wewenang. Pemerintah telah membuat saluran-saluran atau aspirasi dalam rangka mengakomodir kebutuhan masyarakat. Adapun saluran/aspirasi yang bisa memenuhi kebutuhan masyarakat bisa melalui Musrenbang.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Asisten III, Kadis Disnaker, Bappeda, Dinas Koperasi, Dinas Kesahatan, Kabid Dikdisbud, Disdukcapil, PMD, Camat, Forkopimcam, Polsek, Danramil, UPTD kesehatan, pendamping kecamatan, Pendamping desa, pendamping PKH, BPD, dan kepala Desa se-kecamatan Abung Kunang.

Pada kesempatan itu, Bupati Lampung Utara, Drs. Hi. Budi Utomo, M.M., yang di wakilkan oleh Asisten III, Efrizal Arsyad dalam sambutannya menyampaikan paparan visi, misi serta tujuan dan sasaran program Pemerintah kabupaten Lampung Utara

"Pembukaan Musrenbang ini dimana di dalamnya terdapat aktifitas membuat strategi dan rencana untuk mencapai tujuan keorganisasian dengan memperhitungkan swadaya yang tersedia berdasarkan UU No 25  tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan Nasional yang mengamanatkan adanya keterpaduan antara aspek partisipatif dan aspiratif."jelas Asisten III.

Lanjut asisten III, "Tahapan ini merupakan upaya penjaringan serta masukan dari instansi atau lembaga terkait maupun kelompok organisasi masyarakat untuk melengkapi dan menyempurnakan rencana kerja pemerintah daerah yang akan disusun."papanya.

Lebih lanjut, Asisten juga menyampaikan, "Sebagaimana kita ketahui pada era globalisasi ini permaslahan dan tantangan  pembangunan yang akan kita hadapi ditambah lagi dengan adanya bencana non ala, berupa pandemi Covid-19 yang berimbas pada pembiayaan pembangunan."ungkapnya.

Dari 7 desa se-Kecamatan Abung Kunang sebanyak 23 kegiatan diusulkan di Musrenbang tahun 2021 tersebut. 

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut dengan tetap mengedepankan Protokol Kesehatan (Prokes) guna memutus penyebaran pandemi Covid-19 di kabupaten Lampung Utara.

Diakhir penyampaiannya Asisten III Efrizal Arsyad juga berharaf melalui Musrenbang, agar dapat memadukan, meserasikan, mensinergikan, dan mengsingkronisasikan berbagai sumberdaya yang ada sehingga dari awal sudah mampu menyusun desain perencanaan secara sistematis.(Chandra)

Lampura Lampung
Putra

Putra

Previous Article

Kasrem 043/Gatam Hadiri Deklarasi Kinerja...

Next Article

Dinas Perkebunan Provinsi Lampung Gelar...

Related Posts

Peringkat

Profle

Syafruddin Adi

Achmad Sarjono

Achmad Sarjono verified

Postingan Bulan ini: 181

Postingan Tahun ini: 620

Registered: Sep 25, 2020

Herman Djide

Herman Djide verified

Postingan Bulan ini: 77

Postingan Tahun ini: 1030

Registered: Sep 22, 2020

H. Syamsul Hadi, S.Pd

H. Syamsul Hadi, S.Pd

Postingan Bulan ini: 61

Postingan Tahun ini: 205

Registered: Jan 24, 2021

Suhardi

Suhardi

Postingan Bulan ini: 58

Postingan Tahun ini: 547

Registered: Sep 22, 2020

Profle

Widian.

Yusril Minta KPU Tunda Penetapan Pemenang Pilkada Labuhanbatu Tahun 2020
Akhirnya Terjawab Sudah, MK Terima Gugatan  Dan Mengadili Perkara PSU Pilkada 2020
Sat Narkoba Polres Bantaeng Amankan 2 Warga dan 1 Oknum Polisi, Tes Urine Positif
Pelaku Pembakar Rumah Di Desa Gancang Dijerat Pasal 178 KUHP Ancaman Penjara 12 Tahun

Follow Us

Recommended Posts

TNI-Polri dan Pemerintah Daerah Kabupaten Way Kanan Gelar Patroli Bersama
Ketua PAC Muslimat Ucapkan Selamat Idul Fitri
Kejagung RI Limpahkan Laporan Hasil Penyelidikan Perkara Dugaan Korupsi Pekerjaan Penerapan Budidaya Jagung TA 2017 Pada Penyidik Kejati NTB
Kepala Divisi Pengawasan Transaksi Bursa Efek Indonesia Diperiksa Penyidik Jampidsus Terkait Dugaan Korupsi Pada PT. ASABRI
Jampidsus Limpahkan Laporan Hasil Penyelidikan Perkara Dugaan Korupsi Pengadaan Bantuan Benih Jagung Pada Penyidik Kejati Lampung