Wawancara Eksklusif Dengan Kapolres Lamteng AKBP Popon Ardianto Sunggoro

Wawancara Eksklusif Dengan Kapolres Lamteng AKBP Popon Ardianto Sunggoro
Kapolres Lampung Tengah AKBP Popon Ardianto Sunggoro, S.I.K., S.H.

LAMPUNG TENGAH -  Kapolres Lampung Tengah AKBP Popon Ardianto Sunggoro, S.I.K., S.H., melaksanakan wawancara eksklusive melalui zoom meeting bersama salah satu Media di Lampung di ruang kerjanya. Selasa(26/01/21).

Wawancara tersebut melalui zoom meeting yang dibawakan oleh Sulis sebagai pembawa acara di studio salah satu Media di Lampung, dan wawancara berlangsung selama lebih kurang 30 menit dengan beberapa pertanyaan yang dilayangkan Sulis kepada Kapolres.

Dalam wawancara berlangsung ada 11 tanya jawab diantaranya adalah tentang seputaran situasi kamtibmas Lampung Tengah, termasuk terkait penanganan Covid-19 dan sinergitas dengan pemkab setempat dalam hal ini Lampung Tengah.

Pertanyaan : Seperti apa kondisi secara umum keamanan masyarakat di Lampung Tengah (Lamteng) saat ini ?
Jawab : Untuk masalah keamanan di Kabupaten Lampung Tengah terkait tingkat kriminalitas memang bisa dibilang cukup tinggi. Akan tetapi semua itu didasarkan dari beberapa pelaku kejahatan C3 (curat, curas, curanmor) yang setelah kami lakukan kajian dan penelitian, mereka melakukan C3 didominasi di bawah pengaruh narkoba.


Pertanyaan : Bagaimana pelaksanaan program Promoter (Profesional, Modern, dan Terpercaya) oleh Polres Lamteng saat ini?
Jawab : Sejak awal ditugaskan di Polres Lampung Tengah, saya sudah langsung membuat visi misi dengan jargon Polres Lampung Tengah PAS atau Promoter, Amanah, dan Solid. Untuk pelayanan yang sifatnya promoter kami berusaha semaksimal mungkin memberi pelayanan kepada masyarakat.


Pertanyaan : Selama ini, ada semacam stigma bahwa Lamteng merupakan daerah yang “keras”. Beberapa kali terjadi konflik horizontal di kabupaten ini. Seperti apa pandangan Bapak?
Jawab : Pada saat saya masuk ke Kabupaten Lampung Tengah, memang betul anggaplah Kabupaten Lamteng bisa dibilang keras. Tapi sebetulnya tidak. Hanya permasalahan-permasalahan yang selama ini mungkin kurang sentuhan saja baik dari segi pendekatan hukum maupun dari pemerintah itu sendiri.

Pertanyaan : Dengan kondisi tersebut, bagaimana Anda dan jajaran Polres Lamteng menjaga suasana agar damai, sejuk, dan kondusif?
Jawab : Saya bersama forkopimda Kabupaten Lampung Tengah selalu tetap berkoordinasi membahas jalan keluar dan jalan terbaik agar di Kabupaten Lampung Tengah kedepannya tidak ada lagi konflik horizontal seperti yang selama ini sering terjadi.

Mengingat Kabupaten ini memang sangat heterogen, dan komplek dari berbagai macam suku, ada pribumi, ada pendatang.

Pertanyaan : Bagaimana hubungan sinergi dengan unsur lainnya guna menjaga suasana damai, sejuk, dan kondusif? Seperti sinergi dengan Pemkab, DPRD, Kodim, dan elemen-elemen masyarakat di Lamteng?
Jawab : Terus kami lakukan koordinasi berkelanjutan tentunya. Terlebih kami juga mempunyai ujung tombak seperti Polsek jajaran dan Anggota Bhabinkamtibmas yang tersebar dikampung-kampung sebagai kampung binaannya dalam menjaga kamtibmas. Selain itu tidak hentinya melakukan sosialisasi dan imbauan ke masyarakat.

Pertanyaan : Selama masa pandemi Covid-19, apakah ada pengaruhnya terhadap keamanan di tengah masyarakat Lamteng? Mohon Anda jelaskan.
Jawab : Secara ekonomi dampak pandemi begitu dirasakan di Lamteng terutama bagi petani singkong, dampaknya sangat luar biasa. Ini salah satu peran kami juga mengajak forkopimda untuk mencari jalan keluar bersama bagi para petani singkong. Kalau dari sisi keamanan seperti yang saya jelaskan diawal, masih didominasi pelaku C3 yang dibawah pengaruh kecanduan narkoba. Jadi yang sama-sama kita dorong adalah penanganannya dan pemberantasannya.

Kami bekerjasama dengan BNN Kabupaten untuk memberantas itu.
Pertanyaan : Pandemi Covid-19 sepertinya belum akan berlalu, meskipun sudah ada vaksin. Peran dan keterlibatan Polri khususnya Polres Lamteng sendiri seperti apa dalam pencegahan Covid-19?
Jawab : Secara internal kami membagikan bansos kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 dalam meringankan beban.(Median)

Lampung Tengah
Agung Sugenta Inyuta

Agung Sugenta Inyuta

Previous Article

BPBD Lamteng Menyiagakan Satuan Tugas (Satgas)...

Next Article

Sumber Daya Manusia Jadi Perhatian Utama...

Related Posts

Peringkat

Profle

Achmad Sarjono verified

Afrizal

Afrizal verified

Postingan Bulan ini: 239

Postingan Tahun ini: 834

Registered: Jan 24, 2021

Herman Djide. B

Herman Djide. B verified

Postingan Bulan ini: 192

Postingan Tahun ini: 2110

Registered: Sep 22, 2020

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi verified

Postingan Bulan ini: 183

Postingan Tahun ini: 2077

Registered: Feb 19, 2021

Agung widodo

Agung widodo

Postingan Bulan ini: 121

Postingan Tahun ini: 345

Registered: Jun 16, 2021

Profle

F.M. Ali Paser

18 Laptop SMPN 2 Panti Raib Dicuri, Sat Reskrim Polres Pasaman Ringkus Tersangka
Kadis Pendidikan Pangkep Sabrun: Semua Guru Honorer Berpeluang Jadi P3K 2021
Bayi 3 Bulan Ini Terlantar, Gara Gara Dua Ibu Saling Cakar dan Ditahan Polsek Mauk Tangerang
Ridhawati Kecewa, Pasien Sakit Disuruh  Pulang

Follow Us

Recommended Posts

Puncak Peringatan HUT PMI dan Musyawarah Kerja Nasional Palang Merah Indonesia
Peringati HUT PMI ke 76, PMI Lambar Berikan 400 Vaksin Sinovac Gratis Kepada Masyarakat
Sukses Bangun Lapangan Bola Volly, Juwardi: Sarana Kegiatan Positif untuk Masyarakat
Kasrem 043/Gatam Sambut Brigjen TNI  dr. Rahmat Saptono, Sp. OG Irpuskesad TNI AD
RPJMN T-2020/2024 Fokus Kondisi Sosial Ekonomi