PTUN Bandar Lampung Putuskan Menangkan PKN Terkait KIP Dana Desa

PTUN Bandar Lampung Putuskan Menangkan PKN Terkait KIP Dana Desa
Patar Sihotang SH MH Ketua Umum PKN (Pemantauan Keuangan Negara)

LAMPUNG - Majelis Hakim PTUN(pengadilan tata usaha negara)  Bandar Lampung, perintahkan Kepala desa Negeri Agung dan Kepala desa Sunsang  memberikan dokumen APBDES dan Laporan pertanggung Jawaban APBDES kepada Pemohon keberatan  PKN, Patar Sihotang SH MH Ketua Umum PKN (Pemantauan Keuangan Negara) menjelaskan pada saat Konfrensi pers, di Kantor PKN Pusat Jl Caman Raya No 7 jatibening Bekasi, Sabtu (7/8/2021).

Patar menjelaskan lagi, bahwa Pada tanggal 30 Juli 2021 Dewi keadilan ternyata masih melindungi masyarakat khususnya PKN, karena yang terhormat dan hakim mulia  memenangkan PKN dengan Putusan Nomor 10 /G/K/2021/PTUN BL  dan Putusan Nomor 14 /G/K/2021/PTUN BL  amar putusan  yang menyebutkan : 1. Mengabulkan permohonan keberatan Pemohon (PKN) 2. Membatalkan Putusan Komisi Informasi Lampung   3. Memerintahkan Badan Publik (Kepala Desa Sunsang dan Kepala Negeri Agung) memberikan Informasi yang di minta Pemohon (PKN).

Bahwa dengan diputuskannya 2 nomor perkara persidangan tersebut yang memenangkan PKN sebagai rakyat pemohon, maka Putusan PTUN ini dapat menjadi Jurisprudensi dan pedoman kepada para kepala desa yang ada di Indonesia untuk memberikan permintaan masyarakat terhadap informasi, dan agar semua APIP yang tergabung dalam Inspektorat dan Camat dan Bupati sebagai atasan  para kepala desa menyampaikan agar memberikan APBDEs dan LPJ APBDES dan Dokumen lainnya kepada Masyarakat manapun yang meminta dan yang  membutuhkannya.

"Karena berdasarkan UU no 14 Tahun 2008 dan Perki No 1 Tahun 2018 dan  Uji persidangan PTUN Bandar Lampung menyatakan bahwa APBDES dan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ)  APBDEs terbuka untuk umum dan dapat diakses oleh masyarakat, " demikian ucap Patar.

Patar menjelaskan , "Saat ini masih banyak Inspektorat dan Camat mendoktrin dan menyampaikan ultimatum kepada kepala desa agar tidak memberikan APBDEs dan LPJ APBDes kepada masyarakat, karena alasan  adalah rahasia negara sehinngga yang berhak meminta nya adalah hanya Inspektorat, BPK RI dan kepolisian, sehingga akibat doktrin pembodohan ini, sering terjadi keributan dan ketegangan antara masyarakat dan kepala desa dan pengurus desa.

Oleh karena kepala desa dan perangkatnya patuh dan taat kepada doktrin pembodohan yang dilakukan atasannya sementara masyarakat  menuntut hak hak kebebasan memperoleh Informasi sesuai dengan UU Nomor 14 Tahun 2018 dan Perki No 1 tahun 2018 dan Kemendagri No 20 tahun 2018 tentang pengelolaan informasi desa".

Menyikapi Kondisi ini PKN sebagai lembaga rakyat akan melakukan Uji Materi dengan cara melakukan permintaan informasi tentang APBdesa dan LPJ APbdes Kepada PPID Desa Negeri Agung dan Desa Sunsang, dengan tujuan permintaan informasi APBDES dan LPJ APBDES sebagai informasi awal dalam melaksanakan pengawasan masyarakat  sesuai amanat PP 43 Tahun 2018.

"Atas Putusan ini adalah sebagai kemenangan bagi masyarakat, terutama rakyat yang selama ini korban pembodohan para aparat yang  mengatakan bahwa APBDES dan LPJ APBDES adalah rahasia negara, sehingga masyarakat tidak boleh mengetahuinya, " demikian ucap Patar sebagai penutup.(Agung)

Bandarlampung Lampung
Agung Sugenta Inyuta

Agung Sugenta Inyuta

Previous Article

Reses di Dapil, Anggota DPR RI Junaidi Auly...

Next Article

Prajurit Korem 043/Gatam Tingkatkan Intelektual...

Related Posts

Peringkat

Profle

Achmad Sarjono verified

Afrizal

Afrizal verified

Postingan Bulan ini: 239

Postingan Tahun ini: 834

Registered: Jan 24, 2021

Herman Djide. B

Herman Djide. B verified

Postingan Bulan ini: 192

Postingan Tahun ini: 2110

Registered: Sep 22, 2020

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi verified

Postingan Bulan ini: 183

Postingan Tahun ini: 2077

Registered: Feb 19, 2021

Agung widodo

Agung widodo

Postingan Bulan ini: 121

Postingan Tahun ini: 345

Registered: Jun 16, 2021

Profle

F.M. Ali Paser

18 Laptop SMPN 2 Panti Raib Dicuri, Sat Reskrim Polres Pasaman Ringkus Tersangka
Kadis Pendidikan Pangkep Sabrun: Semua Guru Honorer Berpeluang Jadi P3K 2021
Bayi 3 Bulan Ini Terlantar, Gara Gara Dua Ibu Saling Cakar dan Ditahan Polsek Mauk Tangerang
Ridhawati Kecewa, Pasien Sakit Disuruh  Pulang

Follow Us

Recommended Posts

Puncak Peringatan HUT PMI dan Musyawarah Kerja Nasional Palang Merah Indonesia
Peringati HUT PMI ke 76, PMI Lambar Berikan 400 Vaksin Sinovac Gratis Kepada Masyarakat
Sukses Bangun Lapangan Bola Volly, Juwardi: Sarana Kegiatan Positif untuk Masyarakat
Kasrem 043/Gatam Sambut Brigjen TNI  dr. Rahmat Saptono, Sp. OG Irpuskesad TNI AD
RPJMN T-2020/2024 Fokus Kondisi Sosial Ekonomi