Ngotot Minta UKW, Kompetensi Wartawan masih Dipertanyakan

Ngotot Minta UKW, Kompetensi Wartawan masih Dipertanyakan
Poto: MZK Institute

Jakarta  - Uji Kompetensi Wartawan (UKW) masih saja menjadi momok ketika sudah di lokasi atau tempat ujian. Hal ini disampaikan oleh Agung Santoso sebagai Inisiator UKW Mandiri Indonesia bahwa hingga 4 sesi UKW di Solo masih banyak yang belum lulus atau belum kompeten, Selasa (13/4/2021). Salah satu penyebabnya adalah banyaknya yang menganggap sepele tentang UKW dan berpikir hanya ujian biasa dan cukup bayar lalu memperoleh kartu UKW.

"Banyak sekali yang menganggap sepele UKW ini. Tinggal datang lalu bayar, pas di lapangan kaget tentang materi ujinya, " ujar Agung melalui Zoom Meeting Kelas Materi Batch #2 Hari ke-4 MZK Institute.

Selanjutnya, Agung menyampaikan, setelah empat kali mengadakan UKW Mandiri, bukan saja meningkatkan kompetensi wartawan, tapi semakin turun. Anggapan-anggapan remeh ini membuat wartawan itu sendiri kena batunya ketika di lokasi ujian. Apalagi ada yang belum lengkap persiapannya.

"Satu lagi yang paling mengganggu konsentrasi ujian adalah ketidaksiapan peserta dari segi administrasi dan keuangan. Ketika mau berangkat bingung mau menyediakan uang saku. Ini juga membuat konsentrasi menjadi terganggu ketika ujian, " lanjut Agung.

Tidak hanya itu, persiapan-persiapan lainnya juga perlu terutama persiapan ilmu dan materi untuk UKW. Ilmu dan materi itu memang sangat penting ketika diujikan di lokasi ujian. Dewan Pers langsung menguji wartawan sesuai kemampuannya masing-masing. Ketika diuji inilah banyak yang tidak kompeten atau tidak lolos.

Harapan ke depannya, lanjut Agung, semua wartawan bisa mempersiapkan dirinya masing-masing sebelum melakukan ujian. Siapkan ilmu, materi, dan administrasi secara lengkap dan memadai sehingga tidak mengganggu konsentrasi ujian.

Sumber: Drs. Agung Santoso (Inisiator UKW Mandiri Indonesia)

Lampung Info Materi UKW Mandiri
Putra

Putra

Previous Article

Pembagian BPUM Melalui BRI Unit Kali Umban...

Next Article

Jalan Rusak yang Dikeluhkan Petani Cabai...

Related Posts

Peringkat

Profle

Syafruddin Adi

Achmad Sarjono

Achmad Sarjono verified

Postingan Bulan ini: 181

Postingan Tahun ini: 620

Registered: Sep 25, 2020

Herman Djide

Herman Djide verified

Postingan Bulan ini: 77

Postingan Tahun ini: 1030

Registered: Sep 22, 2020

H. Syamsul Hadi, S.Pd

H. Syamsul Hadi, S.Pd

Postingan Bulan ini: 61

Postingan Tahun ini: 205

Registered: Jan 24, 2021

Suhardi

Suhardi

Postingan Bulan ini: 58

Postingan Tahun ini: 547

Registered: Sep 22, 2020

Profle

Widian.

Yusril Minta KPU Tunda Penetapan Pemenang Pilkada Labuhanbatu Tahun 2020
Akhirnya Terjawab Sudah, MK Terima Gugatan  Dan Mengadili Perkara PSU Pilkada 2020
Sat Narkoba Polres Bantaeng Amankan 2 Warga dan 1 Oknum Polisi, Tes Urine Positif
Pelaku Pembakar Rumah Di Desa Gancang Dijerat Pasal 178 KUHP Ancaman Penjara 12 Tahun

Follow Us

Recommended Posts

TNI-Polri dan Pemerintah Daerah Kabupaten Way Kanan Gelar Patroli Bersama
Ketua PAC Muslimat Ucapkan Selamat Idul Fitri
Kejagung RI Limpahkan Laporan Hasil Penyelidikan Perkara Dugaan Korupsi Pekerjaan Penerapan Budidaya Jagung TA 2017 Pada Penyidik Kejati NTB
Kepala Divisi Pengawasan Transaksi Bursa Efek Indonesia Diperiksa Penyidik Jampidsus Terkait Dugaan Korupsi Pada PT. ASABRI
Jampidsus Limpahkan Laporan Hasil Penyelidikan Perkara Dugaan Korupsi Pengadaan Bantuan Benih Jagung Pada Penyidik Kejati Lampung