Hadiri Acara Advokasi Program Nasional, Sekdakab Way Kanan Gerakan Keamanan Pangan Berbasis Komunitas

Hadiri Acara Advokasi Program Nasional, Sekdakab Way Kanan Gerakan Keamanan Pangan Berbasis Komunitas
Poto: Dok.Pim

WAY KANAN - Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Way Kanan Saipul, S.Sos., M.IP., menghadiri acara Advokasi/Koordinasi Program Nasional (Gerakan Keamanan Pangan Desa, Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas dan Penggawalan Keamanan Pangan Jajanan Anak Usia Sekolah) Badan Pengawas Obat dan Makanan, di Ruang Rapat Utama Setdakab, Rabu (7/4/2021).

Sambutan Tertulis Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H., M.M yang dibacakan oleh Sekdakab Saipul mengatakan, sebagaimana amanat undang-undang Nomor 18 tahun 2012 tentang Pangan, merupakan kebutuhan dasar manusia yang paling utama dan pemenuhannya merupakan bagian dari hak asasi manusia yang dijamin di dalam UUD 1945, serta negara berkewajiban mewujudkan pemenuhan konsumsi pangan yang aman, bermutu, dan bergizi.

Adanya program prioritas nasional desa pangan aman, pasar pangan aman dari bahan berbahaya dan pangan jajanan anak usia sekolah tahun 2021. Program ini dilaksanakan oleh Badan POM dan juga oleh pemerintah daerah. Oleh karena itu, program pengawasan keamanan pangan ini harus dilakukan agar keamanan pangan tetap terjamin aman untuk dikonsumsi.

Seiring dengan Visi Kabupaten Way Kanan 2021-2024 “Way Kanan Unggul dan Sejahtera”, dimana upaya Meningkatkan Kualitas Kehidupan Masyarakat menjadi bagian penting yang harus dilakukan.

Untuk itu Pemerintah Daerah memandang penting perlunya program keamanan pangan ini karena hal ini sesuai dengan rencana strategis pembangunan kesehatan di wilayah Kabupaten Way Kanan didalam meningkatkan status kesehatan masyarakat dan juga gizi anak.

“Kesehatan masyarakat diantaranya adalah dengan melakukan pengawasan keamanan pangan di pasar, kampung dan juga kegiatan preventif lainya melalui gerakan keamanan pangan desa, ” ujar bupati.

Selain itu, anak dalam usia pertumbuhan membutuhkan gizi yang seimbang seperti kalsium, Vitamin D, protein, serat, antioksidan dan zat besi untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan tubuh anak. Gizi yang tidak seimbang bisa menimbulkan anemia dan gangguan kesehatan lainnya. Dan ini dapat mengganggu proses belajar anak-anak. Untuk itu peran Badan Pengawas Obat dan Makanan atau Badan POM sangat penting didalam membantu Pemerintah untuk meningkatkan gizi anak dan membebaskan jajanan dari bahan yang berbahaya bagi kesehatan di sekolah-sekolah.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan POM ini sangat penting dan bermanfaat bagi masyarakat dan sekolah didalam meningkatkan kewaspadaan kita terhadap keamanan pangan. Program ini perlu didukung dan disukseskan agar masyarakat dan sekolah-sekolah bisa menerapkan pengawasan keamanan pangan dan jajanan anak sekolah yang aman dilingkungannya masing-masing.

Pemerintah Daerah tentu sangat peduli dengan keamanan pangan, baik di kampung, pasar maupun jajanan anak usia sekolah yang aman sehingga dihimbau kepada semua lapisan masyarakat untuk berpartisipasi aktif didalam menjaga lingkungannya agar terhindar dari makanan yang tidak aman apalagi yang berbahaya bagi kesehatan.

Setiap SKPD terkait agar membuat program rutin untuk melakukan monitoring terhadap keamanan pangan di lingkungan masyarakat ini dan mendukung serta saling bersinergi dalam mewujudkan keamanan pangan di Provinsi Lampung khususnya di Kabupaten Way Kanan ini. Untuk selanjutnya nanti dilakukan evaluasi agar kedepan program program ini bisa berjalan dengan baik.

“Melalui acara Advokasi program nasional ini, kita jadikan moment untuk berperan serta dalam pembangunan kesehatan masyarakat Lampung terutama di Kabupaten Way Kanan menuju masyarakat yang sehat dan sejahtera, ” pungkasnya.(Tr)

Way Kanan Lampung
Putra

Putra

Previous Article

Ormas GML Kota Metro Adakan Audiensi Dengan...

Next Article

Sekda Lampung Utara Ajak Insan Pers dan...

Related Posts

Peringkat

Profle

Syafruddin Adi

Achmad Sarjono

Achmad Sarjono verified

Postingan Bulan ini: 181

Postingan Tahun ini: 620

Registered: Sep 25, 2020

Herman Djide

Herman Djide verified

Postingan Bulan ini: 77

Postingan Tahun ini: 1030

Registered: Sep 22, 2020

H. Syamsul Hadi, S.Pd

H. Syamsul Hadi, S.Pd

Postingan Bulan ini: 61

Postingan Tahun ini: 205

Registered: Jan 24, 2021

Suhardi

Suhardi

Postingan Bulan ini: 58

Postingan Tahun ini: 547

Registered: Sep 22, 2020

Profle

Widian.

Yusril Minta KPU Tunda Penetapan Pemenang Pilkada Labuhanbatu Tahun 2020
Akhirnya Terjawab Sudah, MK Terima Gugatan  Dan Mengadili Perkara PSU Pilkada 2020
Sat Narkoba Polres Bantaeng Amankan 2 Warga dan 1 Oknum Polisi, Tes Urine Positif
Pelaku Pembakar Rumah Di Desa Gancang Dijerat Pasal 178 KUHP Ancaman Penjara 12 Tahun

Follow Us

Recommended Posts

TNI-Polri dan Pemerintah Daerah Kabupaten Way Kanan Gelar Patroli Bersama
Ketua PAC Muslimat Ucapkan Selamat Idul Fitri
Kejagung RI Limpahkan Laporan Hasil Penyelidikan Perkara Dugaan Korupsi Pekerjaan Penerapan Budidaya Jagung TA 2017 Pada Penyidik Kejati NTB
Kepala Divisi Pengawasan Transaksi Bursa Efek Indonesia Diperiksa Penyidik Jampidsus Terkait Dugaan Korupsi Pada PT. ASABRI
Jampidsus Limpahkan Laporan Hasil Penyelidikan Perkara Dugaan Korupsi Pengadaan Bantuan Benih Jagung Pada Penyidik Kejati Lampung