Direktur RSUD Menggala Dampingi Direktorat Pelayanan Kesehatan Primer RI Kunjungi Puskesmas Tuba I

Direktur RSUD Menggala Dampingi Direktorat Pelayanan Kesehatan Primer RI Kunjungi Puskesmas Tuba I
Kiri Kepala Puskesmas Tulangbawang I, Arnan. Tengah: Direktur RSUD Menggala, Kanan:Direktur Pelayanan Kesehatan Primer Kementrian Kesehatan Republik Indonesia drg. Saraswati MPH. Fhoto By: Sumarno Mancar Prayoga
TULANGBAWANG - Unit Pelaksana Teknis Dinas Pusat Kesehatan Masyarakat (UPTD Puskesmas) Tulangbawang I mengadakan Seminar Awam Program Deteksi Dini Penyakit Ginjal Kronis, kegiatan digelar di Puskesmas setempat, Jl Ethanol, Kecamatan Banjaragung Kabupaten setempat, Rabu (07/04/2021).

Dalam acara tersebut dihadiri oleh Direktur Pelayanan Kesehatan Primer Kementrian Kesehatan Republik Indonesia drg. Saraswati MPH, General Manager (GM) Baxter Healthcare Indonesia Mrm Guy Jaeckel, Perwakilan Dinas Provinsi Lampung Yeni Ekawati, Dinas Kesehatan Tulangbawang, Direktur RSUD Menggala dr. Lukman Pura, Camat Banjaragung, Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

Kepala Puskesmas Tulangbawang I, Adnan Jaya mengatakan, kegiatan hari bagaimana pihaknya selalu berinovasi dengan melibatkan beberapa pihak, yaitu RSUD Menggala dan PT.BAXTER guna mendukung program Bergerak Melayani Warga (BMW) slogan Bupati DR. Hj. Winarti, SE., MH dengan mendekatkan pelayanan pada masyarakat Sai Bumi Nengah Nyappur.

"PT. BAXTER ini adalah perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan dengan produk deteksi dini penyakit ginjal kronis, " kata Adnan.

Ditempat yang sama,  

Direktur RSUD Menggala dr. Lukman Pura sebagai pemateri menyampaikan, gejala 

ginjal kronis ada tambahan penyakit lain, dan adanya penurunan fungsi ginjal yg sudah lanjut dan secara bertahap sehingga tidak dapat berfungsi dengan baik dan butuh perawatan serta pengobatan.

"Penyebabnya adalah darah tinggi, diabetes, infeksi peradangan pada ginjal, kelainan bawaan lahir dan keracunan obat-obatan, " kata dia.

Dirinya menghimbau kepada warga jangan takut memeriksakan  kesehatannya. "Bila ada gejala-gejala langsung saja rumah sakit sudah siap melayani dan untuk biaya ada program BPJS warga bisa mendapatkannya, " terangnya.

Sementara,  Direktur Pelayanan Kesehatan Primer Kementrian Kesehatan Republik Indonesia drg. Saraswati MPH mengatakan, hari ini pihaknya mengunjungi dua fasilitas kesehatan (Paskes) yang pertama RSUD Menggala dan sekarang di Paskes Primer Puskesmas Tulangbawang I, untuk melihat bagaimana deteksi dini penyakit yang tidak menular tapi khususnya penyakit yang menyebabkan gagal ginjal atau pasien harus cuci darah.

 

"Pasien yang punya darah tinggi dan kencing manis diperiksa, bagaimana agar tidak bertambah parah, " kata dia.

 

Untuk itu, kata dia, pihaknya mengapresiasi ada kerja sama yang baik, dari puskesmas kemudian rumah sakit. Serta supportnya dari dinas kesehatan Provinsi Lampung maupun Kabupaten Tulangbwang dan juga dari swasta.

 

"Karena untuk meningkatkan pelayanan primer itu. Semua pihak harus terlibat, tidak mungkin hanya dari jajaran kesehatan saja, " ujar dia.

 

Dia menuturkan, bagi masyarakat jangan hanya berkunjung ke fasilitas kesehatan kalau sakit. Tapi, dalam keadaan sehat pun harus rajin memeriksakan diri, seperti tekanan darah kemudian check kadar gula darahnya, karena kadang. Bergelajanya itu setelah parah, jadi sayang kalau diobatinya setelah kondisi yang sudah lanjut.

 

"Kami berharap masyarakat untuk memanfaatkan semua pelayanan yang ada di puskesmas, karena sudah di support dengan skema atau pembiayaan melalui BPJS. Kemudian kalau memang tidak bisa ditangani di puskesmas, akan dirujuk ke rumah sakit pun semua dicover dengan program JKN. Jadi masyarakat tidak usah takut untuk melakukan check up, " tandasnya.(Mcr)

Tulangbawang
SumarnoTuba

SumarnoTuba

Previous Article

Sekda Lampung Utara Ajak Insan Pers dan...

Next Article

Lounching Tanam Perdana Talas Beneng, Ketua...

Related Posts

Peringkat

Profle

Syafruddin Adi

Achmad Sarjono

Achmad Sarjono verified

Postingan Bulan ini: 181

Postingan Tahun ini: 620

Registered: Sep 25, 2020

Herman Djide

Herman Djide verified

Postingan Bulan ini: 77

Postingan Tahun ini: 1030

Registered: Sep 22, 2020

H. Syamsul Hadi, S.Pd

H. Syamsul Hadi, S.Pd

Postingan Bulan ini: 61

Postingan Tahun ini: 205

Registered: Jan 24, 2021

Suhardi

Suhardi

Postingan Bulan ini: 58

Postingan Tahun ini: 547

Registered: Sep 22, 2020

Profle

Widian.

Yusril Minta KPU Tunda Penetapan Pemenang Pilkada Labuhanbatu Tahun 2020
Akhirnya Terjawab Sudah, MK Terima Gugatan  Dan Mengadili Perkara PSU Pilkada 2020
Sat Narkoba Polres Bantaeng Amankan 2 Warga dan 1 Oknum Polisi, Tes Urine Positif
Pelaku Pembakar Rumah Di Desa Gancang Dijerat Pasal 178 KUHP Ancaman Penjara 12 Tahun

Follow Us

Recommended Posts

TNI-Polri dan Pemerintah Daerah Kabupaten Way Kanan Gelar Patroli Bersama
Ketua PAC Muslimat Ucapkan Selamat Idul Fitri
Kejagung RI Limpahkan Laporan Hasil Penyelidikan Perkara Dugaan Korupsi Pekerjaan Penerapan Budidaya Jagung TA 2017 Pada Penyidik Kejati NTB
Kepala Divisi Pengawasan Transaksi Bursa Efek Indonesia Diperiksa Penyidik Jampidsus Terkait Dugaan Korupsi Pada PT. ASABRI
Jampidsus Limpahkan Laporan Hasil Penyelidikan Perkara Dugaan Korupsi Pengadaan Bantuan Benih Jagung Pada Penyidik Kejati Lampung